Senin, 20 September 2010

DAY #4 (30 Hari Menulis) Masuk ke mesin waktu! Kencangkan sabuk pengaman! mari bersama Ucay menelusuri band-nya di era 90's!

Hmm...iseng-iseng ah.., nostalgia masa lalu. Pernah punya band apa aja sih waktu dulu? and namanya apa? gimana?...hohoho....it's gonna be fun!

Here i go...

Band-band yang pernah gue jalanin sebelum Rocket Rockers:


1. Cable (1994-1996): Ini band pertama gw dalam sejarah bermusik. Masih 3 SMP, tapi personil lainnya udah SMA haha. Dulu gue jadi drummer di Cable. Bersama temen2 yang lebih tua dari sekolah yang berbeda2. Masih bawain Weezer, kadang Smashing Pumkins, Silverchair, kadang The Wannadies. Yah, masih ngelantur gtulah, nyari karakter... sampe akhirnya jadi specialis Silverchair. Sebenernya gw dulu masih penggemar Beastie Boys and pengen punya band kayak Beastie, tapi apa daya jodohnya di alternative dulu dah.. x( Oh iya, band ini sempet disangka band punk rock gara2 di suatu acara 17 agustusan MC-nya manggil kita kayak gini: "sekarang kita tampilkan...Kabel Listrik!!" (gubraaaggks...). Well, setelah band ini lumayan jalan, personel yang lebih tua dari gw udah sibuk2 mo ebtanas, akhirnya band ini bubar sekitar tahun 1996.


2. The Briefcase (1997): Dulu waktu SMA, gw 'hardcore kid' yang terjebak di kelas 'Indies' (haha lebay). Jadi ceritanya gw pengen punya band kayak Warzone, Strife, Ignite, atau setidaknya CIV, Shelter nggak pernah kesampean. Dulu temen sekelas gw ada yang punya band HC tapi udah penuh personelnya, cukup legendaris, namanya Inside Front. Dan gw nge fans sama band temen gw itu (si Galih, dkk anak-anak skate balkot),...yah masa2 skateboard menggila lah. Nah, sekalinya ada temen yang ngajakin nge-band, eh..malah ngajakin bawain Stone Roses ama Lighting Seeds dll. Untungnya gw suka juga sama britpop...yah, daripade kaga eksis yeee.... akhirnya gw meng iyakan ajakan temen gw. Tanpa disadari gw emang suka sama sound-sound british lawas kayak Stone Roses, The Smiths, The Jam dll. Di band ini lagi-lagi gw di posisi drum. Tapi karena ngga maju-maju akhirnya gw keluar, soalnya gw lebih seneng kalo band ini bawain lagu sendiri, tapi ternyata kita ga nge 'klik'...hoho...


3. Little Raskal (1998): Ini band prom night, waktu itu kebetulan sekolah gw ngadain audisi buat bisa maen di acara prom night. . Kebetulan temen sekelas gw ada yang bisa main trombone. Alhasil terbentuklah band ska! yah, memang sedang merebak masa itu, tapi belom terlalu di eksploitasi. Gw sih yang emang nggak punya band, ayo-ayo aja,..lagian gw suka sama The Specials, Madness, sampe Mighty dll. Hanya gw lebih suka two tone. Sepakat bikin band perpisahan sekolah, akhirnya gw ditempatin di vokal berdua sama sobat gw yang juga kebetulan hardcore kids yang ada di kelas selain gw. Di band inilah pertama kalinya gw megang mic dan bernyanyi. Seleksi untuk bisa maen di perpisahanpun kita jabanin. Sampe akhirnya keterima!...horee kita maen..!! Waktu itu kita bawain Mighty-Mighty Bostones ama 1 lagu Less Than Jake yang Dopeman. Ga di sangka, waktu itu kita jadi band favorit kepala sekolah! acara prom night yg diadain siang bolong di hotel Horison Bandung, serentak heboh gara2 band ini. Hahah,,,,dari guru, temen2, anak-anak cheerleader sampe kepala sekolah banyak yang applause, bahkan standing applause! kita yang waktu itu masih umur 17 kontan girang... Belum lagi selesei manggung, tumben-tumbenan kecengan gw yang dulunya ngga peduli ama gw, tiba2 jadi mencoba akrab gtu... heaven yeah! gw, waktu itu ngerti kenapa band itu candu! coz you can get the girls! a ha!... Sempet terbesit buat ngelanjutin band ini, tapi ngga tau kenapa kita nggak minat. Lagian ada band yang namanya sama pula. Sampe akhirnya beres prom night, kita bubar. Yeah, one hit wonder!


New Kicks On The Board (1998): Masih di tahun yang sama selepas lulus SMA, gw sama temen sekelas gw yang dulu hardcore kids di kelas, akhirnya sepakat bikin band skate punk. Waktu itu kita ngulik lagu-lagu Satanic Surfers, No Fun At All, Pulley dll. Disinilah awal gw bener-bener ngedalemin pop-punk/skatepunk/melodic whatever! Sebelum gw tau band-band itu, gw cuma tau Bad Religion sama Nofx doank. Dengan semangat pengen beda dari band-band lokal yang udah ada, akhirnya kita nyoba buka statement "skate punk" yang juga ternyata istilah itu dipake di katalog Burning Heart Records buat mendeskripsikan band-band melodic/pop-punk. Pokoknya waktu itu kita sepakat pengen bikin band melodic pop-punk pake scream and shout a la hardcore. Formasinya: Gw-Vokal, Oki- Vokal, Gitar-Agus, Bass-Albar dan Drum Asep minjem dari band crust punk bandung yang cukup tenar saat itu, Total Conflict. Tapi, lagi2 band ini ngga berjalan lama. Kesibukan masing-masing personel bikin band ini nggak karuan.

Belum bubar sampe tahun 1999, sampe akhirnya gw diajak nge-band bareng Immorality President yang sekarang dikenal dengan Rocket Rockers dan NKOTB bubar. Yup, nama Rocket Rockers di cetuskan tahun 1999 karena pertimbangan nama Immorality President yang ada sejak 1998 sudah malang melintang di pensi dan Gor Sapatua itu kita anggap kurang catchy dan berbau politik yang pada massa itu kita cuma sok-sokan aja tanpa tau mendalam tentang politik. Yup, Rocket Rockers waktu itu lahir biar pagelaran musik keras ada perwakilan band yang "bubble-gummish", "popish" tapi tetep berkelakuan asshole diatas panggung! (walaupun sekarang agak berkurang "asshole"-nya haha) Yah,...namanya juga anak mudaaa... keuun weh!

Kesimpulan: Semua elemen aliran dari band-band yang pernah gue singgahi ada di Rocket Rockers (hooray!)

Semoga menghibur,.,..hoho (^.^)/

-Al a.k.a Ucay-

1 komentar: